News Vreal 16 Fakta Ihwal Planet Saturnus Dalam Siistem Tata Surya

FASTER86.COM - 16 Fakta Tentang Planet Saturnus Dalam Siistem Tata Surya Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai beberapa fakta perihal planet Uranus, nah kali ini admin akan bagikan beberapa fakta perihal Planet yang mempunyai bentuk serta mempunyai warna yang sangat indah. Yap Planet Saturnus, nama yang begitu unik dan juga mempunyai ukuran yang sangat besar. Sedikit bercerita perihal planet Saturnus, dimana planet ini berdasarkan masyarakat Yunani kuno, dimanakan ilahi pertanian.

Planet Saturnus ialah planet yang mempunyai urutan ke 6 dalam sistem tata surya di Indonesia dan bahkan dunia. Planet ini mempunyai bulan, dan mempunyai massa yang sangat besar. Nah berikut 16 fakta perihal planet Saturnus yang perlu anda ketahui : 


1. Saturnus bukanlah satu-satunya planet dengan cincin. Jupiter, Uranus, dan Neptunus juga mempunyai cincin, meskipun mereka jauh lebih redup dan kurang spektakuler dari Saturnus.

2. Para ilmuwan percaya bahwa Saturnus suhunya rata rata -350 ° F (-212 ° C). Suhu terdingin yang pernah tercatat di Bumi ialah -129 ° F (-89 ° C). 

3. Meskipun cincin Saturnus tidak ditemukan hingga tahun 1600an, beberapa ilmuwan berteori perihal budaya kuno mungkin telah mengetahuinya. Misalnya, Maori di Selandia Baru secara historis menyebut Saturnus sebagai Parearau, sebuah nama kuno yang berarti "dikelilingi oleh ikat kepala."

4. Saturnus mempunyai luas 74.898 mil (120.537 km.) Yang lebar, hampir 10 kali lebih lebar dari Bumi. Sekitar 750 bumi sanggup muat di dalam Saturnus.

5. Pesawat ruang angkasa pertama yang terbang mengelilingi dan mendarat di Saturnus ialah Pioneer 11, yang meledak pada tahun 1973 dan datang di Saturnus pada tahun 1979. Voyagers 1 dan 2 juga menuntaskan fly-by pada tahun 1980 dan 1981. Voyager 1 kini ialah objek buatan insan terjauh di angkasa.

6. Setahun di Bumi ialah 365,256 hari. Setahun di Saturnus ialah 10.759,22 hari.

7. Kecepatan maksimum yang dihitung oleh Cassini ialah 98.346 mil per jam (44,0 kilometer per detik) relatif terhadap Matahari pada tanggal 25 Juni 1999

8. Pada tanggal 1 Juli 2004, Cassini-Huygens ialah pesawat ruang angkasa pertama yang mengorbit Saturnus. Diluncurkan pada tanggal 15 Oktober 1997, pesawat ini menempuh jarak lebih dari 2.000.000.000 mil dengan kecepatan 70.700 mil per jam sebelum mencapai planet yang telah dipotong. Misinya telah diperpanjang hingga 2012.

Baca Juga : 

9. Sehari di Bumi ialah 24 jam. Sehari di Saturnus ialah 10 jam 39 menit.

10. Angin di atmosfer Saturnus melebihi  jarak 1.100 mil (1.800 km.) Per jam, jauh lebih cepat daripada Jupiter. Tornado terkuat di Bumi telah mencapai kecepatan hanya sekitar 300 mil (483 km) per jam.

11. Badai di Saturnus sanggup berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Sebuah angin kencang yang telah berlangsung usang di Saturnus yang diberi nama "Dragon Storm", menghasilkan mega kilat 1.000 kali lebih berpengaruh daripada petir di Bumi.

12. Pada awal 2010, astronom amatir melihat angin kencang salju amonia besar yang mengamuk di Saturnus. Badai monster lima kali lebih besar dari "Snowmageddon," angin kencang salju yang mematikan Washington D.C. pada bulan Februari 2010.

13. Orang Asyur, yang tinggal di Irak modern, ialah orang pertama yang mencatat penampakan Saturnus pada tahun 700 SM. Mereka menyebut planet ini Bintang Ninib, sehabis ilahi matahari Asyur trend semi.

14. Dalam astrologi, Saturnus ialah kebalikan dari Jupiter. Sedangkan Jupiter dikaitkan dengan ekspansi, Saturnus dikaitkan dengan kontraksi. Saturnus prihatin dengan batasan, kepraktisan, kenyataan, dan bangunan / sesuai dengan struktur sosial.

15. Bulan di Planet Saturnus ditemukan pada tahun 1789 oleh William Herschel, bulan Saturnus Enceladus (dinamai berdasarkan mitologi raksasa) mempunyai geyser yang meletus partikel es, uap air, dan senyawa organik. Ini ialah objek paling kecil di tata surya alasannya ialah permukaan esnya mencerminkan sebagian besar cahaya yang diterimanya.

16. Planet Saturnus dinamai berdasarkan nama ilahi pertanian Romawi, Saturnus, yang juga ayah dari ilahi Romawi Jupiter. Simbol planet ini ialah sabit, alat yang menjadi milik ilahi panen Romawi dan juga senjata yang dipakai Cronos untuk mengebiri dan menggulingkan ayahnya, Uranus.
Nah agar apa yang kami sampaikan ini sanggup bermanfaat dan sanggup menunjukkan anda wawasan yang tentu dengan wawasan tersebut anda sanggup menjadi lebih arif dan lebih sanggup menghargai apa ciptaan Yang Mahakuasa tersebut. 

Tag : IPTEK
0 Komentar untuk "News Vreal 16 Fakta Ihwal Planet Saturnus Dalam Siistem Tata Surya"

Back To Top