News Vreal Berguru Perihal Rasi Bintang Gubuk Penceng Atau Rasi Si Salib Selatan

FASTER86.COM - Belajar Tentang Rasi Bintang Gubuk Penceng Atau Rasi Si Salib Selatan Alam semesta yaitu sebuah karya seni luar biasa dari Yang Mahakuasa Semesta Alam, dimana di alam semseta ini kita hidup, kita makan, kita tidur dan belajar. Namun terkadang banyak yang lupa kalau alam ini yaitu sesuatu yang harus kita jaga dan kita pelihara dengan seksama, banyak dari kita kini tidak peduli dengan alam kita, menciptakan kerusakan dimana mana, mereka seolah hirau dengan alam kita. Padahal bila kita sanggup berilmu dan bijaksana, kita sanggup dengan alam semseta ini. Ketika zaman dahulu kala teknologi belum semaju sekarang, orang hanya mengandalkan satelit alam untuk mengetahui musim, arah dan mengetahui perihal alam.

Salah satu yang sering terdengar di indera pendengaran kita yaitu perihal rasi bintang, ada banyak rasi bintang yang ada di alam ini, salah satunya yaitu rasi bintang gubuk penceng, atau rasi si salib selatan. Tentu kita masih ingat ketika masih duduk di dingklik sd, dimana sering kita mendengar rasi bintang ini. Ya ketika kecil, ibu atau bapak guru kita sering menceritakan kalau rasi bintang gubuk penceng ini yaitu penanda arah selatan.


Memang rasi bintang gubug penceng ini yaitu penanda arah selatan, namun selain sebagai penanda arah, rasi bintang ini juga mempunyai keindahan tersendiri dan mempunyai fenomena sendiri. Yuk kita berguru mengenai rasi bintang gubuk penceng yuk.

Rasi bintang Gubuk penceng ini terdiri dari ribuan bintang bintang, dan mengumpul menjadi sebuah formasi bintang, namun ada yang paling bersahabat dengan bumi, sehingga nampak menyerupai salib. Dalam ilmu internasional, rasi bintang ini disebut pula crux. Tersusun atas beberapa bintang yaitu Acrux(Alpha crux), Gacrux(gama crux), Mimosa, Delta Crucis dan epsilon crucis. Dari kelima bintang yang ada, mimosa merupakan bintang yang paling jelas di rasi crux dan Epsilon crucis sebagai bintang yang paling redup diantara lainnya. Sistem bintang dari kelima bintang ini ternyata bermacam-macam, Acrux dengan sistem bintang ganda, gacrux dengan tiga sistem bintang, mimosa dengan sistem bintang ganda dan Delta Crucids satu bintang. Didukung dengan bintang yang relatif jelas (1 – 1,5) Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa rasi crux menjadi salah satu rasi yang gampang dan sering tampak dilangit malam.

Nah sehabis kita tahu perihal apa saja para bintang penyusun rasi bintang gubuk penceng, apakah kau juga mau mendengar apa sejarahnya sanggup dinamakan gubuk penceng ? Sebenarnya ini hanya mitos atau ini hanya sekedar kisah zaman dahulu kala dari simbah simbah kita. Seperti yang ditulis oleh kompas pada artikel mengenai bintang gubuk penceng, dimana di kompas dituliskan http://sains.kompas.com/read/2011/08/15/11323940/.Gubug.Penceng.Penanda.Arah.Selatan

Dimana di artikel tersebut dituliskan bahwa Nama Gubug Péncéng berasal dari kisah sejumlah cowok yang membangun rumah. Di depan rumah yang dibangun, setiap hari lewat seorang wanita manis yang akan mengantar makanan ke sawah. Kecantikan wanita itu mengganggu konsentrasi para pemuda. Alhasil, rumah yang dibangun bentuknya miring alias péncéng (Jawa). Gambaran itu diabadikan menjadi nama rasi Gubug Péncéng.

Perempuan manis diabadikan sebagai Lintang Wulanjar Ngirim, yang dalam astronomi modern dikenal sebagai bintang Alpha Centauri dan Beta Centauri. Kedua bintang ini merupakan adegan dari rasi Centaurus yang dalam mitologi Yunani dilambangkan dengan kuda berkepala manusia. Sang wanita diabadikan sebagai Alpha Centauri yang merupakan bintang terdekat dari Bumi sehabis Matahari. Adapun selendangnya yang tertiup angin diabadikan sebagai Beta Centauri.

Menurut Widya, semenjak kapan masyarakat Jawa mengenal Lintang Gubug Péncéng tidak sanggup dipastikan. Namun, semasa pemerintahan Panembahan Senapati dari Kerajaan Mataram yang bertakhta antara 1575 dan 1601, nama rasi ini sudah disebut-sebut dalam sejumlah tembang. "Jika pada masa itu sudah disebut, pengetahuan perihal Lintang Gubug Péncéng dipastikan sudah ada jauh sebelum masa itu," katanya.

Masyarakat Jawa pesisir mengenal Lintang Gubug Péncéng dan Lintang Wulanjar Ngirim sebagai satu kesatuan dan menyebutnya sebagai rasi Ikan Pari. Adapun masyarakat Melayu di Sumatera dan Semenanjung Malaya mengenalnya sebagai Buruj Pari.

Nama Layang-layang untuk Crux gres muncul dalam era Nusantara modern. Tidak ada literatur kuno yang menyebut Crux sebagai Layang-layang.

Nah Bintang Gubuk penceng ini memang belum sepenuhnya di ekpos oleh para ilmuwan, sebab memang para ilmuwan sedang meneliti perihal planet mars.

Semoga apa yang kami sampaikan ini sanggup membuka pengetahuan sahabat faster86.com, tentu dengan kita mengenal asal undangan nama gubuk penceng ini, sanggup menciptakan opini kita perihal astronomi sanggup lebih maju. Mengenal rasi bintang ini, sanggup juga kita gunakan patokan untuk bertanam, sebab dengan melihat rasi bintang kita akan tahu sedang ekspresi dominan apa, dan tanaman apa yang cocok. Semoga ini sanggup membuka ruang anda.

Sumber :


Tag : IPTEK
0 Komentar untuk "News Vreal Berguru Perihal Rasi Bintang Gubuk Penceng Atau Rasi Si Salib Selatan"

Back To Top