News Vreal Berguru Perihal Nama Planet Dan Apa Yang Membuatnya Menjadi Lebih Menarik

FASTER86.COM - Belajar Tentang Nama Planet Dan Apa Yang Membuatnya Menjadi Lebih Menarik Ketika masih duduk di kursi sekloah, khususnya ketika masih duduk di kursi SD, ketika bapak dan ibu guru kita menceritakan perihal sistem tatasaurya, ingatan saya niscaya akan tertuju pada sebuah planet, yaitu Jupiter. Kenapa Jupiter, lantaran berdasarkan cerita, Planet Jupiter ini mempunyai ukuran yang sangat besar, dan planet Jupiter ini mempunyai keindahan tersendiri. Ya waktu kecil kita hanya dapat mengangguk angguk, mengingat belum banyak rujukan yang menggatakan hal tersebut. Pada ketika SD, kita dijarakan sama bapak ibu guru kita bagaimana cara mengingat nama nama planet tersebut. Mervebumajusunplut,,, Ya menyerupai itu bapak atau ibu guru kita memberi kode perihal bagaimana menghapal nama sistem planet yang ada di alam semsta ini.
  1. Mer : Merkurius
  2. Ve : Venus
  3. Bu : Bumi
  4. Ma : Mars
  5. Ju : Jupiter
  6. S : Saturnus 
  7. U ; Uranus
  8. N : Neptunus
  9. Plut : Pluto
Ya menyerupai itu citra mengenai cara mengeja kita ketika masih SD, nah sehabis dewasa, saya kaget, ternyata planet Pluto sudah bukan masuk lagi dalam kategori planet. Wow ada apa ? Ternyata sehabis diselidiki, Pluto sudah sangat jauh, dan beliau tidak beredar di matahari. O Ya, ssaya akan sedikit menjelaskan apa itu sistem tatasurya planet itu, yaitu kumpulan planet planet yang beredar mengelilingi matahari. Yuk kita kenali satu persatu nama planet dan apa keunikan serta keindahanya.

1. Merkurius 


Merkurius, ialah planet yang paling bersahabat dengan matahari, dengan jarak 0,4 SA dari Matahari, dengan jarak tersebut planet ini akan berputar dengan cepat, dan menciptakan planet ini tidak dapat untuk kita tinggali. Planet Merkurius mempunyai massa terkecil, yaitu 0,055 massa bumi kita.

Masa revolusi Planet Merkurius ialah 88 hari dan rotasi dan berotasi 59 hari. Nah dapat dibayankan bagaimana rasnaya kalau kita tinggal di planet Merkurius, tentu akan sangat panas bukan. Merkurius hanya dapat terlihat pada ketika subuh atau maghrib. Tidak begitu banyak yang diketahui perihal Merkurius lantaran hanya satu pesawat antariksa yang pernah mendekatinya yaitu Mariner 10 pada tahun 1974 hingga 1975.Mariner 10 hanya berhasil memetakan sekitar 40 hingga 45 persen dari permukaan planet. 

2. Venus 


Venus (0,7 SA dari matahari) berukuran menyerupai bumi (0,815 massa bumi). Dan menyerupai bumi, planet ini mempunyai selimut kulit silikat yang tebal dan berinti besi, atmosfernya juga tebal dan mempunyai acara geologi. Akan tetapi planet ini lebih kering dari bumi dan atmosfernya sembilan kali lebih padat dari bumi. Venus tidak mempunyai satelit. Venus ialah planet terpanas dengan suhu permukaan mencapai 400 °C, kemungkinan besar disebabkan jumlah gas rumah beling yang terkandung di dalam atmosfer. Sejauh ini acara geologis Venus belum dideteksi, tetapi lantaran planet ini tidak mempunyai medan magnet yang dapat mencegah habisnya atmosfer, diduga sumber atmosfer Venus berasal dari gunung berapi.

6 Fakta perihal Planet Venus :
  1. Venus tidak mempunyai bulan atau cincin.
  2. Venus hampir sama besarnya dengan Bumi dengan diameter 12.104 km.
  3. Venus dianggap terdiri dari inti besi pusat, mantel berbatu dan kulit silikat.
  4. Sehari di permukaan Venus (hari matahari) akan muncul untuk mengambil 117 hari Bumi.
  5. Setahun di Venus memakan waktu 225 hari Bumi.
  6. Suhu permukaan di Venus dapat mencapai 471 ° C.
3. Bumi 


Planet bumi ialah planet yang kita tinggali, dimana disini kita dapat mencicipi bagaimana indahnya hidup, dan bagaimana kita dapat beranak pinak dan dapat menciptakan kita lebih hidup. Apa saja fakta perihal planet Bumi, berikut ulasanya :


Bumi pernah dipercaya menjadi sentra alam semesta
Karena pergerakan Matahari dan planet yang terlihat dalam kaitannya dengan sudut pandang mereka, ilmuwan kuno bersikeras bahwa Bumi tetap statis, sementara benda langit lainnya bergerak dalam orbit melingkar di sekitarnya. Akhirnya, pandangan bahwa Matahari berada di sentra alam semesta didalilkan oleh Copernicus, meskipun ini juga tidak demikian.

Bumi mempunyai medan magnet yang kuat
Fenomena ini disebabkan oleh inti nikel-besi di planet ini, ditambah dengan rotasinya yang cepat. Bidang ini melindungi Bumi dari dampak angin matahari.

Hanya ada satu satelit alami dari planet bumi
Sebagai persentase dari ukuran badan yang diorbitnya, Bulan ialah satelit terbesar dari planet manapun di tata surya kita. Namun secara riil, satelit ini merupakan satelit alami terbesar kelima.

Bumi ialah planet terpadat di Tata Surya
Ini bervariasi sesuai dengan episode planet ini; Sebagai contoh, inti logam lebih padat dari pada kerak bumi. Kepadatan rata-rata Bumi sekitar 5,52 gram per sentimeter kubik.

4. Mars


Planet Mars ialah planet yang digadang gadang dapat kita tempati, namun semua ini masih dalam pencarian dan penelitian. Planet Mars mempunyai warna merah oranye, ada beberapa fakta perihal planet Mars ini, berikut ulasanya :
  • Mars ialah planet keempat dari Matahari dan planet terestrial terakhir dan berjarak sekitar 227.940.000 km dari Matahari.
  • Planet ini dinamai Mars, yang kuasa perang Romawi. Diketahui orang-orang Yunani kuno sebagai Ares, yang kuasa perang mereka. Hal ini diduga lantaran warna merah darah planet yang juga dipakai oleh budaya kuno lainnya. Astronom China menyebut Mars sebagai "bintang api" sementara para imam Mesir kuno menyebutnya "Her Desher" yang berarti "yang merah".
  • Landasan Mars dan Bumi sangat mirip. Meskipun Mars hanya 15% volume dan 10% massa Bumi, planet ini sebetulnya mempunyai daratan yang sama lantaran air meliputi sekitar 70% permukaan bumi. Gravitasi permukaan Mars ialah sekitar 37% gravitasi yang ditemukan di Bumi. Ini berarti bahwa di Mars Anda dapat secara teori melompat 3x lebih tinggi dari yang Anda dapat di Bumi.
  • Hanya 16 dari 39 misi Mars yang berhasil. Dimulai dengan Marsansk 1 milik Uni Soviet yang diluncurkan pada tahun 1960, 39 pengorbit, pendarat, dan pelaut telah berada di Mars namun hanya 16 dari misi tersebut yang berhasil. Pada tahun 2016, jadwal Exobiology di Mars di Eropa akan mencari planet ini untuk gejala kehidupan orang Mars serta mempelajari permukaan dan medan planet dan memetakan potensi ancaman lingkungan ke misi berawak masa depan ke Mars.
  • Potongan Mars telah ditemukan di Bumi. Dipercaya bahwa jumlah jejak atmosfer Mars berada di dalam meteorit yang dikeluarkan planet ini. Meteorit ini kemudian mengorbit sistem tata surya selama jutaan tahun di antara benda-benda lain dan puing-puing matahari sebelum kesannya memasuki atmosfer bumi dan menabrak tanah. Studi perihal bahan ini telah memungkinkan para ilmuwan untuk menemukan lebih banyak perihal Mars sebelum meluncurkan misi luar angkasa.
  • Mars pernah dipercaya menjadi rumah bagi kehidupan cerdas. Ini berasal dari inovasi garis atau alur di permukaan yang disebut canali oleh astronom Italia Giovanni Schiaparelli. Dia percaya bahwa ini tidak terjadi secara alami dan merupakan bukti kehidupan cerdas. Namun, ini kemudian terbukti menjadi delusi optik.
  • Gunung tertinggi yang dikenal di tata surya ada di Mars. Olympus Mons ialah gunung berapi perisai berdiameter 21 km dan 600 km yang terbentuk miliaran tahun yang lalu. Para ilmuwan telah menemukan banyak bukti baru-baru ini perihal lava vulkanik yang menawarkan bahwa Olympus Mons mungkin masih aktif. Ini ialah gunung tertinggi kedua di seluruh tata surya, hanya di puncaknya oleh puncak utama Rheasilvia di asteroid Vesta, yang tingginya 22 km.
  • Mars mengalami angin puting-beliung bubuk besar - yang terbesar di tata surya kita. Hal ini disebabkan bentuk elips orbit planet yang mengelilingi Matahari. Jalur orbit lebih memanjang daripada banyak planet lain dan orbit berbentuk oval ini menghasilkan angin puting-beliung bubuk yang andal yang menutupi keseluruhan planet dan dapat berlangsung selama berbulan-bulan.
  • Matahari terlihat sekitar setengah ukurannya dari Bumi ketika dilihat dari Mars. Ketika Mars paling bersahabat dengan Matahari di orbitnya, titik pecahan bumi episode selatan mengarah ke Matahari dan ini menjadikan isu terkini panas yang sangat singkat tapi sangat panas. Di utara itu mengalami isu terkini hambar yang singkat namun dingin. Ketika planet ini terjauh dari Matahari, Mars mengalami isu terkini panas yang panjang dan ringan lantaran pecahan bumi utara mengarah ke Matahari. Ini dibandingkan dengan isu terkini hambar yang hambar dan panjang di selatan.
Nah untuk Planet selanjutnya, anda dapat membacanya di Blog ini perihal planet Jupiter, Saturnus, Uranus dan neptunus. Sekian dari tim, biar bermanfaat. 
Tag : IPTEK
0 Komentar untuk "News Vreal Berguru Perihal Nama Planet Dan Apa Yang Membuatnya Menjadi Lebih Menarik"

Back To Top