News Vreal Fakta Menarik Wacana Planet Jupiter Yang Perlu Anda Ketahui

FASTER86.COM - Fakta Menarik Tentang Planet Jupiter Yang Perlu Anda Ketahui Setalh sebalumnya kita berguru mengenai fakta beberapa planet, nah dalam berguru kali ini, kita akan berguru mengenai fakta dari Planet Jupiter. Tentu kita sudah tahu bersama, bahwa Planet Jupiter ialah Planet kelima dalam sistem tatasurya kita. Berikut beberapa fakta perihal Planet Jupiter : 

1. Jupiter ialah objek jelas keempat di tata surya. Hanya Matahari, Bulan dan Venus yang lebih terang. Ini ialah satu dari lima planet yang terlihat dengan mata telanjang dari Bumi.

2. Babel kuno ialah orang pertama yang mencatat penampakan mereka perihal Jupiter. Ini sekitar masa ke 7 atau 8 SM. Jupiter diberi nama berdasarkan raja dewa-dewa Romawi. Bagi orang-orang Yunani, itu mewakili Zeus, yang kuasa guntur. Mesopotamia melihat Jupiter sebagai yang kuasa Marduk dan pelindung kota Babel. Suku-suku Jermanik melihat planet ini sebagai Donar, atau Thor.

3. Jupiter mempunyai hari terpendek dari semua planet.
Ternyata pada porosnya setiap 9 jam dan 55 menit. Rotasi yang cepat meratakan planet ini sedikit, memperlihatkan bentuk oblate.


4. Jupiter mengorbit Matahari setiap 11,8 tahun bumi.
Dari sudut pandang kita di Bumi, sepertinya bergerak perlahan di langit, membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk berpindah dari satu konstelasi ke konstelasi yang lain.
Jupiter mempunyai fitur awan yang unik. Atmosfer bab atas Jupiter terbagi menjadi sabuk dan zona awan. Mereka dibentuk terutama dari kristal amonia, belerang, dan adonan dari dua senyawa.

5. The Great Red Spot ialah topan besar di Jupiter.
Ini telah mengamuk setidaknya selama 350 tahun. Ini sangat besar sehingga tiga Bumi sanggup muat di dalamnya.

6. Interior Jupiter terbuat dari batuan, logam, dan senyawa hidrogen.
Di bawah atmosfir besar Jupiter (yang terbuat dari hidrogen), ada lapisan gas hidrogen terkompresi, hidrogen metalik cair, dan inti es, batu, dan logam.

7. Bulan Jupiter Ganymede ialah bulan terbesar di tata surya.
Bulan Jupiter sering disebut satelit Jovian, yang terbesar ialah Ganymeade, Callisto Io dan Europa. Ganymeade berukuran 5.268 km, membuatnya lebih besar dari planet Merkurius.

8. Jupiter mempunyai sistem cincin tipis.
Cincinnya terutama terdiri dari partikel debu yang dikeluarkan dari beberapa dunia Jupiter yang lebih kecil selama imbas dari komet dan asteroid yang masuk. Sistem cincin dimulai sekitar 92.000 kilometer di atas puncak awan Jupiter dan membentang hingga lebih dari 225.000 km dari planet ini. 

9. Panjangnya antara 2.000 hingga 12.500 kilometer.

10. Delapan pesawat ruang angkasa telah mengunjungi Jupiter.
Misi Pioneer 10 dan 11, Voyager 1 dan 2, Galileo, Cassini, Ulysses, dan New Horizons. Misi Juno ialah jalan menuju Jupiter dan akan datang pada bulan Juli 2016. Misi masa depan lainnya sanggup berfokus pada bulan Jovian Europa, Ganymede, dan Callisto, dan samudera bawah permukaan mereka.

Nah Semoga apa yang kami sajikan ini sanggup menambah pengetahuan serta lebih tahu perihal beberaa fakta perihal planet yang mempunyai diamter paling besar ini. Nah untuk cuilan selanjutnya, kita akan membahas mengenai beberapa fakta perihal planet Saturnus. 

Tag : IPTEK
0 Komentar untuk "News Vreal Fakta Menarik Wacana Planet Jupiter Yang Perlu Anda Ketahui"

Back To Top