Vreal Ini Penyebab Oli Motor Cepat Encer Sebelum Waktunya

Ini Penyebab Oli Motor Cepat Encer Sebelum WaktunyaIni Penyebab Oli Motor Cepat Encer Sebelum Waktunya Foto: Khairul Imam Ghozali

News Vreal Jakarta - Otolovers tahu tidak, bahwa aneka macam merek pelumas motor di Indonesia rata-rata mengencer secara signifikan hanya dalam jarak tempuh yang singkat. Yang harusnya rata-rata pelumas mengencer ketika mencapai jarak 2000 km- 3000 km, di Indonesia terutama kota yang sering macet hanya mencapai 500 km.

Data ini diperoleh Pertamina Lubricants melalui serangkaian penelitian yang melibatkan penggunaan pelumas dalam aplikasi sesungguhnya sebagaimana yang dilakukan pengguna sehari-hari.

Dijelaskan Lubricant product Development, Mia Krishna A, hal tersebut disebabkan beberapa faktor. Faktor paling utama yakni kondisi jalan yang kerap macet.

"Sehingga mode driving stop n go (cara berkendara nge-gas kemudian mgerem) menjadi dominan," ungkapnya kepada waratwan, di Jakarta.

Faktor lainnya yakni kemacetan jalan-jalan di mota besar, dimana mesin tetap bekerja walaupun jarak tempuh tidak bertambah. Celakanya, beberapa pengguna masih tetapkan masa pakai pelumas berdasar jarak tempuh.

"Ini tidak menggambarkan yang terjadi sesungguhnya lantaran dalam kondisi macet, pelumasnya tetap bekerja walaupun jarak km kendaraan tidak bertambah," kata Mia.

Untuk menghindari kerusakan mesin akhir pengenceran pelumas ini, Mia menyarankan biar dipilih produk dari merk terkemuka, merk yang didukung kilang materi dasar pelumas yang memadai dan produsennya mempunyai kemudahan R&D.

"Apabila tidak didukung source base oil sendiri, akan sulit memantau konsistensinya.Padahal, 60-80% produk pelumas berisi base oil " tuturnya.
0 Komentar untuk "Vreal Ini Penyebab Oli Motor Cepat Encer Sebelum Waktunya"

Back To Top