News Vreal Terkini Nama-Nama Tenar Resmi Jadi Bacaleg Psi, Termasuk Rian Staf Ahok

Nama-nama Tenar Resmi Makara Bacaleg PSI, Termasuk Rian Staf Ahok Pengumuman Bacaleg PSI (Seysha Desnikia/detikcom)

newsvreal.com Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengumumkan bakal calon legislatif (caleg) yang lolos seleksi untuk dapat maju pileg melalui partai mereka. Giring 'Nidji' Ganesha hingga politikus muda, Tsamara Amany Alatas, lolos menjadi bacaleg PSI.

Pengumuman digelar di kantor DPP PSI, Jl Wahid Hasyim No 194, Jakarta Pusat, Sabtu (16/12/2017). Pengumuman disampaikan eksklusif oleh panelis atau juri uji bacaleg PSI, Mari Elka Pangestu, dan Neng Dara Affiah. Hadir pula Ketum PSI Grace Natalie dan Sekjen Raja Juli Antoni beserta jajaran PSI.

"Kita sangat semangat mengikuti proses penjurian, masih banyak tahap lain. Dari seleksi ini variasi tidak mengecewakan dari segi profesi, gender, latar belakang, umur, dan ini mudah-mudahan jadi warna Indonesia untuk visi yang ingin diwujudkan," ujar Mari Elka.


Dia mengingatkan bacaleg PSI yang lolos bahwa masih banyak pekerjaan rumah untuk mimpi mereka menjadi anggota legislatif. Terutama soal sosialisasi ke daerah-daerah. Itu, berdasarkan Mari, dibutuhkan latihan dan pelajaran secara teori.

"Karena masih banyak yang belum punya pengalaman di politik. Untuk identify problem yang ada di kawasan dan komunikasi ke grass root," tuturnya.

Mari meminta para bacaleg PSI untuk benar-benar melaksanakan persiapan sebelum maju dan mendaftar sebagai caleg di Pileg 2019. Dia juga berharap lebih banyak lagi calon-calon wanita yang muncul, mengingat syarat dari UU Pemilu.

Nama-nama Tenar Resmi Makara Bacaleg PSI, Termasuk 'Rian Staf Ahok'Pengumuman Bacaleg PSI (Seysha Desnikia/detikcom)

"Lakukan persiapan biar dapat lulus. Saya harap Anda dapat lulus alasannya yaitu online ini cara baru. Kita masih perlu calon yang perempuan, perlu sepertiganya," kata Mari.

Setelah itu, Mari membagikan pengumuman kepada para bacaleg yang hadir. Pengumuman tersebut disampaikan melalui surat yang dimasukkan ke amplop tertutup.

"Alhamdulillah," ucap Giring dikala membuka pengumuman dan mengetahui beliau lulus sebagai bacaleg dari PSI.

Rian eks staf Ahok.Grace Natalie dan Rian eks staf Ahok. (Dwi/detikcom)

Total ada 116 bacaleg yang lulus, tapi tidak semuanya hadir dalam program pengumuman ini. Selain Giring dan Tsamara, ada bacaleg dari PSI lainnya, menyerupai Hotma Roland Pasaribu, kemudian Isyana Bagoes Oka, yang merupakan pengurus di PSI. Eks jurnalis selain Isyana yang lolos yaitu Andi Budiman.

Kemudian mantan staf aturan eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Rian Ernest, serta dua lawyer, Surya Tjandra dan Dini Purwono, juga lolos. Lalu legenda bulutangkis Indonesia Hariyanto Arbi pun termasuk yang resmi menjadi bacaleg PSI.

"Ini yaitu hasil dari seleksi kompetensi yang telah kita lakukan. Ada 3 kategori hasil dari hasil seleksi itu," terperinci Grace dalam kesempatan yang sama.


Tiga kategori yang dimaksud yaitu lulus, lulus bersyarat, dan tidak lulus. Sebanyak 116 yaitu adonan dari bacaleg yang lulus dan lulus bersyarat.

"Nilainya digabung dari 3 orang juri, nilainya mencapai 3,75 atau di atasnya. Untuk yang masuk ke kategori lulus bersyarat itu kita siapkan pembinaan pelatihan yang dapat diakses online," terang Grace.

Seperti diketahui, PSI merupakan satu dari 12 parpol yang telah lolos ke tahap verifikasi faktual pemilu. KPU akan mengumumkan penetapan parpol penerima pemilu pada 17 Februari 2018.
Tag : Berita
0 Komentar untuk "News Vreal Terkini Nama-Nama Tenar Resmi Jadi Bacaleg Psi, Termasuk Rian Staf Ahok"

Back To Top