Vreal Terkena Debu Vulkanik, Bagaimana Cara Membersihkan Mobil?

Terkena Abu Vulkanik, Bagaimana Cara Membersihkan Mobil?Foto: Dok. ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

News Vreal Bali - Tentu semua kendaraan akan kotor pada waktunya, apalagi jika sering digunakan. Namun tentu hal tersebut akan berbeda penanganan apabila debu yang melekat berasal dari erupsi gunung berapi menyerupai halnya Gunung Agung di Bali. Lantas bagaimana cara membersihkannya ya?

Diucapkan oleh General Repair Service Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman menuturkan debu yang berasal dari erupsi gunung berapi bersifat korosif. Oleh alasannya itu, kendaraan beroda empat harus segera dicuci higienis biar tidak berkarat namun harus dicatat, pembersihannya juga dilakukan dengan lebih teliti.

"Dari pengalaman gunung Merapi kemudian (2010), efeknya tidak mengecewakan juga terhadap kendaraan beroda empat terutama part logam atau body lainnya (part krom dan sebagainya). Biasanya bubuk dari gunung meletus itu mengandung asam yang sifatnya korosif. Jadi, sebisa mungkin diminimalisir terkena debu tersebut. Jika tidak dapat dihindari, segera basuh bersih," kata Iwan ketika dihubungi detikOto di Jakarta, Selasa (27/11/2017).

Untuk pencucian, dikarenakan bentuk debunya cenderung tajam Otolovers harus lebih sering lakukan pengelapan. Tapi sebelum dilakukan hal itu, pastikan kendaraan beroda empat sudah dibersihkan dengan air higienis terlebih dahulu, ya.

"Karena debu tersebut bentuknya tajam-tajam, disarankan pembersihan awalnya dengan cara semprot air secara menyeluruh. Kalau debu pribadi di lap, berpotensi buat baret eksterior kendaraan (body, kaca, dan lain sebagainya)," ujar Iwan.

"Lap nya juga dicuci lebih sering, untuk meminimalkan debu yang nempel di lap dari sapuan sebelumnya," tutupnya.
0 Komentar untuk "Vreal Terkena Debu Vulkanik, Bagaimana Cara Membersihkan Mobil?"

Back To Top