Vreal Ingat! Ban Jadi Faktor Paling Penting Dikala Hujan

Ingat! Ban Kaprikornus Faktor Paling Penting Saat HujanBerkendara di trend hujan (Foto: detikFoto)

News Vreal Jakarta - Beberapa waktu terakhir hujan melanda di banyak sekali wilayah di Indonesia. Berkendara dengan baik dan benar wajib diterapkan ketika berkendara, biar keselamatan berkendara sanggup terwujud.

Secara umum, ada satu peranti paling penting pada kendaraan yang harus diperhatikan ketika hujan, yaitu ban.

Ban mungkin terlihat begitu sepele dan terkadang luput dari perhatian. Untuk itu Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengingatkan untuk memperhatikan ban sebelum berkendara pakai kendaraan beroda empat ataupun motor.

"Pada prinsipnya kendaraan beroda empat dan motor ada hal-hal yang sama yang perlu diperhatikan baik pengendara kendaraan beroda empat ataupun motor. Pertama perhatikan kondisi kendaraan, terutama ban," ujar Jusri kepada detikOto, Kamis (30/11/2017).

Jusri menambahkan tekanan angin ban mempunyai tugas penting.

"Tekanan angin harus di bawah normal atau 2 psi dari normal, contohnya 30 psi jadi 28 psi, biar memudahkan traksi, tapi bukan kempes ya. Jika kempes ini sangat berbahaya. Selanjutnya telapak ban dari TWI (Tread Wear Indicator) yang ada pada sisi ban dengan simbol segitiga, ini dihentikan kurang dari 2 milimeter. Kalau kendaraan beroda empat jip atau SUV dihentikan kurang dari 4 milimeter, truk dihentikan kurang dari 8 milimeter. Sedangkan untuk motor itu sama menyerupai kendaraan beroda empat dihentikan kurang dari 2 milimeter," katanya.

Tidak kalah penting yang harus diperhatikan pada ban, ketika trend penghujan, yakni umur ban. Umur ban tidak lewat dari empat tahun.

"Walaupun kondisi fisiknya masih terlihat bagus. Karena kualitas dari karet-nya sudah mengalami penurunan. Ini sangat gampang membacanya, terdapat pada dinding ban. Ada 4 nomor yang menunjukkan waktu produksi ban tersebut," ujarnya.
0 Komentar untuk "Vreal Ingat! Ban Jadi Faktor Paling Penting Dikala Hujan"

Back To Top