News Vreal Cerita Kh Hasyim Asyari Dengan Nabi Khidir

FASTER86.COM - Kisah KH Hasyim Asyari Dengan Nabi Khidir Hasyim Asyari, yakni ulama besar yang pernah dimiliki oleh bangsa Indonesia, dimana selain menjadi ulama panutan, dia yakni pejuang yang bisa menciptakan Indonesia merdeka. Melalui Hubbul Wathon Minal Iman, dia memerintahkan kepada santrinya untuk berperang melawan Belanda, dan alasannya yakni Rahmat Tuhan SWT, kesannya Indonesia bisa lepas dari cengkeraman Belanda. Kisah ulama yang penuh kharismatik ini memang layak kita teladani dan kita jadikan pedoman. 

Nah saya akan sedikit menyebarkan dongeng mengenai kisah dia di masa muda, tepatnya saat dia masih menjadi santri Syaikhona Kholil Al Bangkalani. Ketika masih muda, dia yakni santri yang sangat rajin, cerdas dan penuh dengan pengabdian serta orang yang mempunyai kerendahan hati. Ceritanya begini, pada waktu itu, di pondok pesantren Syaikhona Kholil sedang hujan sangat lebat, meskipun hujan sangat lebat, namun banyak tamu yang ingin sowan kepada Syaikhona Kholil tersebut.


Hujan pun semakin deras, dan diantara para tamu yang ingin bertemu dengan sang guru, ada salah satu tamu tersebut sudah renta dan lumpuh. Seorang renta tersebut ingin sekali bertemu dengan Syaikhona Kholil. Dengan susah payah ia berjalan untuk bertemu. Syakhona Kholil pun tanggap dan meminta salah satu santrinya untuk menggendong tamu tersebut.

" Diantara kalian, adakah yang mau menggendong tamuku yang masih diluar sana ?"

" Biarkan saya yang menggendong yai " tutur salah satu santri mendahului sahabat temanya

Santri itu masih muda, dan eksklusif tanggap dengan apa yang diperintahkn oleh kyainya, dan ini menjadi bukti betapa mulianya etika dia kepada gurunya. Langsung santri muda tersebut bergegas menghampiri orang renta tersebut dan menggendongnya membawa masuk dan menemukan dengan Syakihona Kholil.

Orang renta tersebut kemudian berbincang bincang dengan Syaikhona Kholil secara empat mata, dan sehabis terjadi perbincangan, Syaikhona Kholil menyuruh santrinya untuk mengantar orang renta tersebut. " Siapakah yang mau menggendong tamu saya ini " tanya Syaikhona Kholil.

" Saya yai " sahut santri muda ( Hasyim Asyari ) kepada gurunya tersebut. Langsung Hsyim Asyari menggendong dan mengantarkan tamu tersebut pulang.

Setalah tamu dan santri tersebut keluar dari pondok, Syaikhona Kholil bercerita kepada para santri yang lain. Dia menceritakan siapakah tamu yang hadir tadi, dan sangat kaget para santri tersebut tatkala yang bertemu dengan Syaikhona Kholil tersebut yakni Nabi Khidir 'Alaihi salam.

Nah dari dongeng diatas, sanggup kita simpulkan, bahwa perintah guru yang kita lakukan dengan sepenuh hati dan keikhlasan, akan mengakibatkan kita menjadi manusi yang baik dan menjadi insan yang lebih mulia. Dan kisah dari KH Hasyim asyari tersebut, biar bisa menjadi inspirai kita semua.

0 Komentar untuk "News Vreal Cerita Kh Hasyim Asyari Dengan Nabi Khidir"

Back To Top