News Vreal Cara Berwudhu Menyerupai Rasulallah Saw Oleh Habib Umar Bin Hafidz

FASTER86.COM - Cara Berwudhu Seperti Rasulallah SAW Oleh Habib Umar Bin Hafidz Berwudhu yakni kunci kita untuk melaksanakan sholat, bila wudhu kita kurang pas atau tidak sesuai, maka secara syariah sholat kita tidak di terima, namun urusan Sholat itu, Tuhan SWT yang berhak memilih sholat kita di terima atau tidak. Namun kita sebagai insan wajib mencar ilmu dan memperdalam ilmu agam kita, salah satunya yakni mencar ilmu bagaimana wudhu yang pas dan sesui tuntunan Nabi Muhammad SAW. Wudhu ibarat yang kita ketahui adalah, menghilangkan hadas kecil yang menempal pada diri kita.

Selain menghilangkan hadas, secara keseluruhan, berwudhu mempunyai fungsi sebagai berikut :
  1. Sebagai syarat sahnya sholat
  2. Untuk menghilangkan dosa yang kecil dan untuk mengangkat derajat kita
  3. Sebagai tanda bila kita mengikuti Nabi Muhammad SAW
  4. Sebagai pelepas ikatan setan
4 Hal tersebut bila kita nilai secara agama, kemudian apa fungsi wudhu bila kita nilai dengan segi kesehatan ? Ternyata berwudhu ada banyak keutamaanya, berikut beberapa fangsi atau keutamaan wudhu secara ilmu kesehatan :
  1. Badan selalu bersih
  2. Wajah akan nampak lebih segar
  3. Kesehatan akan terjamin
  4. Orang yang selalu wudhu akan lebih kebal dari bakteri
Nah sehabis kita mengetahui apa saja keutamaan berwudhu, tentu kita harus tahu apa saja syarat sahnya wudhu tersebut berikut syarat sahnya wudhu :
  1. Islam, tidak akan sah bila yang berwudhu itu bukan orang Islam, jadi sanggup dikatakan yang dikatakan berwudhu yakni orang Islam
  2. Tamiyiz, seseorang yang paham dengan hukum bagaimana cara membuang hajat, cara makan sendiri, cara minum sendiri
  3. Bersih dari haid dan nifas, dua hal ini terjadi pada wanita, haid yakni dimana perempuan akan mengeluarkan darah kotor melalui alat vi*** dan nifas yakni masa dikala perempuan usai melahirkan
  4. Tidak ada benda atau apa saja yang mencegah air membasahi air wudhu
  5. Tidak ada satupun benda yang mengubah air wudhu
  6. Mengetahu kefardhuan berwudhu
Nah sehabis kita tahu apa saja syarat sahnya wudhu, mari kita ketahui apa saja rukun berwudhu, berikut rukun wudhu yang harus kita penuhi : 
  1. Niat, sebelum berwudhu, maka niatlah dalam hati kita untuk berwudhu menghilangkan najis kecil yang melekat pada badan kita. Niat wudhu yakni :   نَوَيْتُ الْوُضُوْءَلِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِفَرْضًالِلّٰهِ تَعَالٰى
  2. Membasuh muka hingga merata ke seluruh wajah kita
  3. Membasuh kedua tangan kita hingga batas siku kita
  4. Membasuh sebagian kepala kita
  5. Membasuh kedua kaki kita hingga diatas kemiri
  6. Tertib, yaitu harus urut 
Setelah itu membaca doa sehabis wudhu, adapun doanya yakni sebagai berikut : 

اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ 

Yang artinya yakni : Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan saya mengaku bahwa Nabi Muhammad itu yakni hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah saya dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah saya dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh)

Nah bila anda masih galau bagaimana cara berwudhu yang sesuai dengan yang dijarakan oleh Rasulallah SAW, berikut Habib Umar Bin Hafidz akan menunjukkan contoh, simak videonya di bawah ini, sehingga kita sanggup menggandakan apa yang dia ajarkan :


Bagaimana anda sudah sanggup sedikit mendapat pencerahan perihal bagaimana cara berwudhu yang baik dan benar, dengan kita berwudhu yang baik dan benar ini, biar kita kelak digolongkan ke dalam orang orang yang beruntung dan mendapat hidayah untuk masuk ke nirwana Tuhan SWT. Amin amin ya robbal alamin. 
0 Komentar untuk "News Vreal Cara Berwudhu Menyerupai Rasulallah Saw Oleh Habib Umar Bin Hafidz"

Back To Top