News Vreal Beberapa Kelemahan Yang Sering Terjadi Pada Rem Angin

FASTER86.COM - Beberapa Kelemahan Yang Sering Terjadi Pada Rem Angin Sistem pengereman yaitu sistem yang sangat dibutuhkan oleh sebuah kendaraan bermotor, baik yang mempunyai roda dua ataupun roda lebih dari dua. Sistem pengereman ini mempunyai fungsi yang sangat penting sekali, lantaran dengan kendaraan dapat di rem, maka kecelakaan akan dapat dihindari. Selain itu dikala kita melewati jalan turunan, maka sistem pengereman inilah yang berfungsi untuk melambatkan laju kendaraan kita, apa risikonya bila tidak ada sistem pengereman ini ? tentu laju kendaraan kita tak dapat di kontrol, saya tak dapat membayangkan apa risikonya bila sistem pengereman ini tidak berfungsi dengan baik. Makanya kepolisian sudha benar, mewajibkan kendaraan untuk melaksanakan uji KIR, dimana ini tujuanya yaitu semoga kinerja setiap komponen kendaraan berfungsi maksimal.

Namun ada kalanya banyak orang yang tak mentaati peraturan tersebut, mereka menyogok untuk ujian kir, tujuanya yaitu kendaraanya dapat diloloskan, dan ini yaitu hal yang dapat membahayakan bagi pengendara maupun orang lain. Sistem di Indonesia yang masih ada oknum tersebut, tentu mulai dari kini harus kita hilangkan, demi menyebabkan alat transportasi yang nyaman dan berfungsi dengan baik.


Nah kali ini kita akan membahas mengenai sistem pengereman dengan memakai angin atau dapat disebut juga Air Brake System. Air Brake Sytem itu apa sih ? Air Brake System yaitu sistem pengereman yang mengguakan tenaga angin untuk menggerakkan master silinder pada sistem rem. Sistem pengereman dengan memakai angin ini banyak dipakai oleh kendaraan besar, misal tronton, bus besar, dan kendaraan kendaraan yang berat.

Mengapa kendaraan menyerupai tronton ataupun build up ataupun kendaraan berat yang lain memakai sistem pengereman angin ? Ada banyak alasan mengapa sistem pengereman angin dipilih, berikut beberapa alasan mengapa sistem pengereman memakai angin banyak dipakai untuk kendaraan besar :
  1. Perawatanya mudah
  2. Remnya pakem, lantaran penggeraknay memakai angin
  3. Irit
  4. Tidak gampang rusak
Setidaknya ada 4 hal tersebut yang dapat kita jadikan pembenaran mengapa sistem pengereman dengan memakai angin ini banyak digunakan. Mengapa saya katakan perawatanya mudah, lantaran sistem pengereman angin ini jarang sekali mengalami kerusakan, lantaran semua selang akan awet, karean hanya memakai tekanan angin. Selain itu, kenapa remnya dapat pakem, lantaran tenaga angin itu dapat menciptakan master sislinder dapat berhenti, lantaran angin mempunyai tekanan yang sangat kuat.

Nah selain 4 hal tersebut, namun ada kalanya kita masih sering mendengar keelakaan yang diakibatkan oleh kendaraan besar lantaran rem yang tak berfungsi. Dan salah satunya yang kerap tak berfungsi yaitu sistem pengereman dengan memakai angin, apa saja kelemahan sistem pengereman dengan memakai angin, berikut beberapa alasannya rem angin kadang tak berfungsi :
  1. Karean perawatan yang mudah, adakala menciptakan seorang driver jarang memperhatikan kondisi komponenya
  2. Ketika bocor, rem tidak akan berfungsi
  3. Tak semua bengkel dapat menangani andai kata terjadi kebocoran di selang
  4. Tak ada tanda tanda atau tanda-tanda bila rem tak berfungsi
Nah 4 hal tersbeut yang menjadi kelemahan pada sistem pengereman memakai angin, maka dari itu, saya menghimbau kepada para sopir atau driver harap memperhatikan komponen pada sistem pengereman ini, lakukan pengecekan sistem rem setidaknya 6 bulan sekali, jangan hingga ada yang macet dan jangan hingga anda menyesal di akhir. 

Tag : Mobil, OTOMOTIF
0 Komentar untuk "News Vreal Beberapa Kelemahan Yang Sering Terjadi Pada Rem Angin"

Back To Top