News Vreal Terkini Setir Kendaraan Beroda Empat F1, Yang Lebih Rumit Dari Setir Kendaraan Beroda Empat Biasa

Setir Mobil F1, yang Lebih Rumit dari Setir Mobil BiasaFoto: Dadan Kuswaraharja

newsvreal.com Jakarta - Setir merupakan salah satu komponen penting di kendaraan beroda empat yang menghubungkan pengendara dan mobilnya. Tetapi setir di kendaraan beroda empat balap F1 berbeda dengan setir-setir kendaraan beroda empat pada umumnya. Banyak tombol-tombol yang juga berfungsi untuk mengendalikan mobil.

Mengutip situs resmi Formula One, ketika balapan F1 pertama kali, setir terbuat dari kayu dan diambil dari setir-setir kendaraan beroda empat di jalanan pada umumnya. Namun semakin hari bentuknya diubah untuk menyesuaikan semoga gampang ketika kendaraan beroda empat melintasi tikungan. Semakin ke sini bentuk setirnya semakin kecil untuk memperlihatkan ruang lebih bagi si pengendara.

Pergantian gigi pun berbeda dengan kendaraan beroda empat pada umumnya yakni memakai pedal yang ada di balik setir. Itu merupakan awal pandangan gres dari seluruh pengendalian kendaraan beroda empat dilakukan dari setir saja.

Tombol pertama yang muncul di pecahan setir kendaraan beroda empat F1 yaitu tombol 'Netral' dan tombol untuk menghubungkan dengan sistem radio ke tim balap yang dinaungi.

Kini tombol-tombol di setir kendaraan beroda empat F1 lebih berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan. Misalnya ibarat untuk membatasi kecepatan ketika kendaraan beroda empat masuk pit. Ada juga tombol untuk mengurangi sistem tarikan di sayap belakang mobil.

Dalam setir juga terdapat layar LCD dengan banyak sekali warna terang. Tapi warna tersebut bukan sekadar hiasan nih Otolovers sebab warna itu mengindikasikan waktu yang sempurna bagi si pebalap untuk mengganti gigi. Seluruh acara balapan juga terhubung dengan sistem GPS yang sanggup mengarahkan dan memberi tahu si pebalap mulai dari terhentinya balap sebab ada kecelakaan, dan jalur trek di depan.

Setir tak sanggup diputar banyak-banyak. Hal yang paling krusial yaitu konektor yang menghubungkan roda dengan setir. Ini juga sulit mengambil tekanan dari roda kemudi dan harus tersedia koneksi listrik antara kontrol setir dengan mobil.

Setir F1 juga harus gampang dilepaskan. Karena dalam peraturan FIA, si pebalap harus sanggup keluar dari kendaraan beroda empat kurang dari lima detik tanpa harus melepaskan apa-apa di kendaraan beroda empat kecuali setirnya.

Saat ini setiap kendaraan beroda empat F1 dibekali dengan power assisted steering yang sanggup mengurangi tekanan dari setir. Dengan begitu ukuran setir sanggup dibentuk lebih kecil lagi, bahkan ukurannya hanya setengah dari diameter setir kendaraan beroda empat pada umumnya.
Tag : Otosport
0 Komentar untuk "News Vreal Terkini Setir Kendaraan Beroda Empat F1, Yang Lebih Rumit Dari Setir Kendaraan Beroda Empat Biasa"

Back To Top